Berusaha Tidak Misuh Menonton Siklus Pejabat -->

Header Menu

Iklan Mas Vaga 1

Advertisement

Berusaha Tidak Misuh Menonton Siklus Pejabat

Rusdi Al Irsyad
Kamis, 16 September 2021

Ilustrasi (Kalimantana.id)
Kalimantana.id,Saya menulis siklus ya, bukan sirkus. Walaupun mungkin, ini akan sama-sama menakjubkan kalau tidak boleh disebut menggelikan. 


Seringkali kita saksikan, para orang yang diberi kepercayaan untuk duduk di kursi pengambil kebijakan kadang suka bertingkah unik cum aneh.


Setelah saya perhatikan dan amati. Ternyata kejadiannya, hampir sama pada beberapa orang. Nyaris seperti siklus yang terjadwal.


Begini alurnya. Saat sedang menjabat, biasanya si pejabat ini tidak banyak melakukan hal-hal sukses dalam pemecahan masalah, atau malah bikin masalah.


Masalah publik tentunya. Lalu, ketika ditanya atau dikritik, panjang kali lebar argumentasinya. Yang intinya, dia tidak bisa menyelesaikan dan memenuhi ekspektasi rakyat kepada dia, sebagai pengambil kebijakan.


Nah ini siklus selanjutnya. Ketika sudah purnatugas. Eh harusnya istilahnya jangan purna ya. Lha wong banyak yang tidak terealisasi janji dan tugasnya.


Yang habis, hanya masa jabatannya saja. Kalaupun ada aturan atau kesempatan yang diberi, pasti mau lagi itu menjabat.


Eh ayok lanjut ke siklus berikutnya. Jadi setelah mereka tidak lagi menjabat, biasanya mereka bakal jadi ahlinya ahli. Jadi pengamat dan komentator andal, dengan embel-embel "waktu zaman saya, saya lakukan bla-bla-bla.." 


Padahal publik ya enggak bego. Tahu aja kita, semua kelemahan mereka-mereka itu. Yang saya dan banyak rakyat jelata lain ya cuma bersyukur. 


Ada tontonan gratis lagi. Itu yang namanya sirkus, eh siklus.


Mudah-mudahan pejabat di lingkungan anda tidak ada yang seperti itu ya. 


Rusdi 

Samarinda, 16 September 2021