Tips Memilih Makanan Sehat Selama Pandemi -->

Header Menu

Iklan Mas Vaga 1

Advertisement

Tips Memilih Makanan Sehat Selama Pandemi

Redaksi Kalimantana
Minggu, 14 Juni 2020

Ilustrasi makanan sehat (Freepik.com)


Keadaan pandemi seperti sekarang ini memaksa kita untuk merubah banyak kebiasaan. Hal ini semakin memaksa kita untuk terus bisa menjaga kebersihan. Tentu semua aspek aktivitas sehari-hari mengalami perubahan. Untuk menjaga kesehatan tidak selesai hanya dengan menggunakan masker dan cuci tangan saja.  Namun juga berlaku untuk menu yang kita konsumsi sehari-hari. Kalau rajin cuci tangan namun tetap menerapkan pola makan yang buruk tentu juga menimbulkan banyak permasalahan.
Untuk itu ketika Anda masih bisa membeli serta mengonsumsi menu sehat sebaiknya Anda tetap melakukanya di rumah.  Berikut ini panduan mudah untuk mengonsumsi makanan yang sehat serta seimbang di masa pandemi corona.

1.  Menu makan yang pas dan lengkap

Mengkonsumsi pola makan yang berisi nutrisi yang lengkap semakin memudahkan asupan nutrisi. Dalam hal ini, jelas kegiatan makan bukan hanya kegiatan untuk mengisi perut saja. Namun juga melengkapi dengan nutrisi yang lengkap dan seimbanng. Hal tersebut bisa Anda terapkan dengan mengisi piring dengan separuh karbohidrat dan separuhnya berisi sayur dan buah.

2.  Perbanyak konsumsi buah serta sayur

Buah dan sayur dikenal memiliki kandungan vitamin, serat dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Dalam memilih buah serta sayur, sebaiknya Anda memilih jenis yang masih segar dibandingkan yang sudah dikalengkan. Buah dan sayur yang masih segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih bagus.

3.  Kurangi gula, garam dan lemak

Ketika musim pandemi seperti sekarang ini tidak bisa dipungkiri banyak orang yang mengalami stres karena banyak tekanan. Akibatnya banyak yang melampiaskannya ke makanan. Jika asupan lemak, garam serta gula tidak bisa dikendalikan maka bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Cobalah batasi perlahan-lahan supaya tubuh tetap sehat.

4.  Memenuhi asupan cairan

Selain menu makan yang harus diperhatikan, asupan cairan juga tidak boleh luput dari perhatian. Supaya tubuh tidak kekurangan cairan, sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas dalam setiap harinya. Dengan begitu Anda tetap terjaga kebutuhan makan serta kebutuhan minumnya.

Bagaimana cukup mudah bukan menerapkan pola makan sehat selama pandemi? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan melewati masa pandemi ini.