Korona, Ladang Upeti Pekerja Digital -->

Header Menu

Iklan Mas Vaga 1

Advertisement

Korona, Ladang Upeti Pekerja Digital

Nona Melisa
Minggu, 17 Mei 2020



Ilustrasi Pinterset



Tidak satupun negara yang bisa memprediksi, penduduknya akan terkena wabah korona. Termasuk Indonesia yang masih meraba kapan pandemi ini akan berakhir. Sebab, aktivitas masyarakat lumpuh karena harus mengurangi interaksi di luar.

Tapi itu hanya berlaku bagi mereka yang bekerja di luar rumah. Karena wabah ini jelas tidak memiliki pengaruh besar terhadap para konten kreator atau pekerja digital. Fenomena reaction atau mengomentari sesuatu yang kontroversi semakin bertebaran di  dunia YouTube.

Bahkan mereka justru menyerang rekan sesama profesi. Sebut saja influencer dan konten kreator alias Youtuber Ria Ricis yang kena semprot tetangganya,  karena nekat membuat konten ditengah pembatasan aktivitas sosial. Hanya bersumber dari akun gosip saja, video Ria Ricis laris dibabat habis para youtuber, yang saling berlomba melemparkan kritikan pedas.

Lalu ada lagi kelakuan artis Tiktok yang membuat sensasi, karena mengambil hand sanitizer di salah satu store baju ternama. Sampai yang teranyar seorang influencer lagi, Indira Khalista. Banyak netizen murka dan memaki dia karena menganggap enteng korona. Nama Indira Khalista bahkan jadi trending di media sosial Twitter karena banyak konten kreator yang habis memaki wanita asli Jakarta ini.

Ya, hal-hal seperti ini jika dibuat konten reaction memang sangat legit hingga memancing kemarahan para subscriber yang menonton konten itu. Jadi kembali lagi dengan pembahasan diatas. Ternyata wabah korona tidak serta dirasakan semua pihak ya. Karena penggiat digital justru memanfaatkan momentum ini untuk meraup keuntungan. Lalu apakah ini bermanfaat? Atau sekedar hiburan bagi kalian yang sedang menjalani karantina mandiri.

Youtube memang menjadi salah satu hiburan bagi semua kalangan. Namun sangat disayangkan jika generasi Z justru menonton hiburan yang tidak memiliki faedah seperti diatas. Memang tidak semua konten kreator yang hobi reaction seperti itu. Sebut saja salah satu magician dan artis Dedy Corbuzier. Dia ini juga semakin giat membuat podcast secara langsung. Bedanya dengan konten kreator lain, pria berkepala plontos ini kerap mengundang tamu yang cukup berkompeten dalam perbincangan di podcast tersebut. Bukan sekedar hiburan, podcast Dedy Corbuzier bisa menjadi pilihan dan menambah edukasi bagi para penontonnya.

Memang tidak ada pihak yang bisa membendung seseorang untuk terus berkreasi. Sekarang tergantung penikmat YouTube lagi, bisa memilah atau tidak konten yang bermanfaat atau sekedar mencari hiburan dari sensasi belaka.