Koran Kaltim, Benteng Terakhir Media Cetak Bumi Etam -->

Header Menu

Iklan Mas Vaga 1

Advertisement

Koran Kaltim, Benteng Terakhir Media Cetak Bumi Etam

Rusdi Al Irsyad
Minggu, 10 Mei 2020

Kantor Koran Kaltim Biro Samarinda(Google Maps)


Berbicara eksistensi media cetak di Kalimantan Timur, top of mind semua orang pasti akan tertuju pada nama Kaltim Post. Media berjaringan, eks Jawa Pos Group.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa ada satu nama yang tak boleh dilepaskan dari hingar-bingar keberadaan media cetak di Bumi Etam.

Adalah Koran Kaltim. Berdiri sejak 2006, Koran Kaltim hingga kini mampu berdiri sejajar dengan para pendahulu seeperti Tribun Kaltim, Kaltim Post hingga Samarinda Post. Tapi, secara teknis tentu saja Koran Kaltim at sangat berbeda dengan raksasa media cetak lain.

Pasalnya, selain urusan modal, standar kerja hingga Sumber Daya Manusia yang dimiliki Koran Kaltim, adalah sebenarnya orang Kaltim. Dengan semangat itulah, Koran Kaltim mampu melewati beberapa badai hingga kini.

Tak hanya berwujud sebagai entitas bisnis, Koran Kaltim juga merupakan kawah candradimuka, bagi sederet nama-nama yang kini duduk di jabatan penting Bumi Etam.

Harus diakui, tak sedikit pembesar hingga yang 'belencok' ke media berjaringan, mengawali karir dari Koran Kaltim. Untuk itu, patutlah media dengan tagline Cerdas Bersama Rakyat ini, saya juluki Benteng Terakhir Media Cetak di Bumi Etam.

Disaat para pendahulunya, seperti Swara Kaltim, mulai terkikis eksistensinya, Koran Kaltim justru makin melesat.

Saya ingat betul, ketika Ulang Tahun Koran Kaltim yang ke 12. Gubernur Kaltim Isran Noor, yang kala itu baru dilantik kurang dari 6 bulan, datang ke puncak acara di Tenggarong.

Sambil mengunyah Singkong rebus, dia bilang "Saya bangga, bahwa di Kaltim ada media yang isinya benar-benar anak muda Kaltim," ucap Isran.

Dari sana, media yang kini di nakhodai Desman Minang yang tak lain Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutai Kartanegara ini berdiri tegak, menerapkan fungsinya sebagai pilar ke 4 demokrasi.

Menyampaikan informasi yang berimbang, hingga kritik yang santun kepada para pembuat kebijakan.

Kini, di era digital Koran Kaltim tak jua tertinggal. Menghadirkan portal berita www.korankaltim.com adalah satu langkah maju lainnya.

Sebagai anak Kaltim, mari kita dukung media lokal, menjadi sarana penyambung lidah rakyat, dan panduan terbaik dalam urusan informasi. Ayo dukung terus media lokal, dengan membeli Koran Kaltim, dan terus kunjungi portal berita www.korankaltim.com.

Salam
Rusdi
Jurnalis Koran Kaltim